Saturday, October 1, 2016

5 Tanda Kamu Terlalu Keras Bekerja By Famega Syavira


Apakah kamu termasuk orang yang bekerja terlalu keras alias workaholic? Bekerja terlalu keras bisa menimbulkan banyak masalah. Menurut riset, workaholic lebih rentan kena penyakit jantung dan migren. Menurut riset lain, tingkat perceraian pada pasangan workaholic juga lebih tinggi. Jangan sampai Anda mengalami nasib yang sama.

Berikut ini tanda-tanda yang jelas untuk melihat apakah Anda adalah seorang yang workaholic.

1. Takut tidak produktif
Pekerja biasanya ingin segera selesai bekerja. Pulang ke rumah, istirahat bersama keluarga atau nonton serial bagi yang jomblo. Mereka bisa bersantai tanpa merasa buang-buang waktu.

Tapi orang yang workaholic akan merasa bahwa setiap waktu yang dia habiskan tanpa bekerja adalah waktu yang terbuang sia-sia.

SOLUSI:
Terus menerus bekerja tidak baik untuk kesehatan Anda. Belajarlah untuk menikmati masa-masa tenang dan istirahat. Pekerjaan dan kantor akan baik-baik saja tanpa Anda. Jadwalkan waktu bebas untuk melakukan hobi Anda, atau untuk berolahraga.

2. Kecanduan teknologi
Ciri-ciri utamanya adalah tidak bisa lepas dari ponsel. Makan di restoran bersama keluarga, ponsel selalu ada di meja dan dicek setiap saat. Para workaholic akan selalu sigap membalas email, dan siap sedia di channel chat kantor di Slack, WhatsApp atau Asana. Meskipun di luar jam kerja. Dan saat akhir pekan.

SOLUSI:
Tubuh Anda perlu istirahat, begitu juga pikiran. Jika Anda sudah berkeluarga, keluarga butuh perhatian penuh Anda, bukan cuma setengah-setengah karena mata Anda terus menatap layar ponsel. Memang penting untuk menyelesaikan pekerjaan, tapi belajarlah untuk memilah mana pekerjaan yang butuh perhatian Anda segera, dan mana yang masih bisa ditunda.

3. Terus menerus mengejar proyek baru
Anda terus menerus ingin mendapatkan proyek-proyek baru, dan berusaha menyelipkan aneka pekerjaan baru di tengah tugas yang sedang butuh perhatian Anda. Anda sangat optimis dan yakin bisa menyelesaikan semuanya dengan baik dan tepat waktu. Kenyataannya, Anda terengah-engah menghadapi semua pekerjaan yang menumpuk.

SOLUSI:
Pastikan Anda punya waktu yang cukup untuk menangani semuanya pada jam kerja. Kurang tidur karena terlalu banyak bekerja justru aken berbuah banyak hasil akhir yang tidak maksimal. Alih-alih, fokuslah pada satu hal yang bisa Anda kerjakan dengan maksimal sehingga bisa Anda banggakan.

4. Mengabaikan kesehatan
Kerja terlalu keras bisa membuat Anda lupa makan, lupa tidur, lupa bangkit dari kursi. Apalagi jika ditambah aliran kafein tanpa henti. Dalam jangka waktu lama, kebiasaan buruk ini akan merusah tubuh Anda sendiri. Siapa yang repot nantinya? Bukan kantor, tapi Anda sendiri.

SOLUSI:
Sesibuk apapun, tetap ingat makan dan tidur secukupnya. Dengarkan tubuh Anda. Jika lelah, jagan terlalu dipaksakan. Biasakan juga makan makanan sehat. Sibuk bukan alasan, karena sekarang Anda bisa pesan delivery makanan apapun dengan mudah.

Semua ciri-ciri di atas cocok dengan Anda? Tunggu apa lagi, berubahlah mulai dari sekarang. Ingat, Anda tidak bisa menikmati kesuksesan tanpa kesehatan.

No comments:
Write komentar

Popular Posts

Contact admin

Nama : Ichsan
E-mail : rofiqul.ichsan@yahoo.com
No Handphone : 083815868353
© 2014 Blogger-Mycomputer . Designed by blogger-mycomputer | Distributed By RI-COMP