Saturday, October 1, 2016

Bagaimana Menjawab "Apa Kelebihan Anda" Saat Wawancara

Bagi kebanyakan orang, menjawab "Apa kelemahan Anda?", sepertinya terasa lebih sulit daripada "Apa kelebihan Anda?". Padahal sebetulnya jika tidak dipersiapkan dengan baik, pertanyaan mengenai kelebihan Anda tidak sesimpel itu. Kurang rasa percaya diri, kurang mengenal diri sendiri, dan arogansi bisa membuat Anda tersandung saat menjawab.

Kelebihan yang dimaksud di sini cenderung bersifat non-teknis, seperti manajemen waktu yang baik, kemampuan komunikasi, dan lainnya. Tidak yakin apa kelebihan Anda? Kadang kala memang sulit untuk menjadi objektif dengan diri sendiri. Kalau sudah begitu, coba minta pendapat kolega dan teman.

Pertanyaan ini kadang juga muncul dalam bentuk lain, seperti "Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?". Dengan sedikit persiapan, Anda pasti bisa memberi jawaban yang membuat pewawancara mengangguk puas.

1. Pilih sesuai kebutuhan

Daripada menjabarkan sederet sifat positif Anda, pilih satu atau dua yang Anda rasa benar-benar akan meningkatkan peluang Anda dipekerjakan. Untuk ini, Anda perlu meneliti job description yang tertera di lamaran. Misalnya posisi yang Anda lamar ini mengharuskan Anda untuk banyak berinteraksi dengan klien, jadi katakan kalau kekuatan Anda ada di segi komunikasi, fleksibilitas, dan kreativitas.

Alternatif lain, posisikan jawaban tentang kelebihan Anda agar selaras dengan budaya perusahaan. Ini tentu membutuhkan pemahaman Anda terhadap perusahaan tersebut dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi di sana. Anda bisa mencari tahu dengan mengikuti pemberitaan di media massa atau ulasan-ulasan di qerja.com.




2. Jangan sombong
Anda tentu ingin membuat pewawancara kagum, tapi hati-hati jangan sampai memberi kesan sombong.

Motif utama di balik pertanyaan ini adalah untuk memastikan kelebihan Anda sejalan dengan visi misi perusahaan, kecocokan Anda dengan anggota tim, dan memahami apa yang membuat Anda unggul dibanding kandidat lain. Hal ini terlebih penting jika perusahaan tersebut dibanjiri lamaran dari kandidat-kandidat lain yang juga memenuhi kualifikasi. Satu keunikan atau kelebihan ekstra mungkin menjadi kunci perusahaan dalam mengambil keputusan.

3. Dukung dengan buktiTidak cukup hanya menjawab apa kelebihan Anda. Elaborasi jawaban Anda dengan menceritakan pencapaian apa saja yang mencerminkan kelebihan Anda tersebut. Mungkin kelebihan Anda terletak di jiwa kepemimpinan, jadi ceritakan kisah ketika Anda sukses memegang sebuah proyek besar yang mengharuskan Anda untuk mengepalai sejumlah bawahan.

Dengan begitu, pewawancara tahu kalau Anda tidak hanya memiliki keunggulan yang dicari oleh perusahaan, tapi juga punya track record sebagai pembuktian. Semoga pewawancara terkesan dengan jawaban Anda.

No comments:
Write komentar

Popular Posts

Contact admin

Nama : Ichsan
E-mail : rofiqul.ichsan@yahoo.com
No Handphone : 083815868353
© 2014 Blogger-Mycomputer . Designed by blogger-mycomputer | Distributed By RI-COMP