Saturday, October 1, 2016

Langkah-langkah Sukses Wawancara Tanpa Pengalaman Kerja

Anda yang baru lulus kuliah tentu berharap mendapat pekerjaan impian selepas dari kampus. Maka, Anda mencari setiap iklan lowongan kerja, memoles curriculum vitae secantik mungkin lalu mengirimkannya ke perusahaan dengan harapan mendapat surat balasan.
Namun, ketika panggilan wawancara kerja itu benar-benar datang, Anda jadi bingung. Apa yang harus dilakukan saat wawancara kerja nanti? Sebab, Anda belum punya pengalaman kerja. Anda bahkan tak punya gambaran bagaimana suasana ruangan wawancara yang akan dihadapi. Padahal Anda sangat ingin mendapatkan pekerjaan tersebut dan tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini.
Tapi Anda harus tetap tenang menghadapi wawancara kerja pertama. Dengan persiapan yang matang, ujian ini pasti dapat terlewati dengan mudah. Berikut tips sukses wawancara kerja pertama yang dikutip dari situs liputan6.com.
Riset perusahaan
Anda harus memantapkan persiapan dengan melakukan riset perusahaan. Pastikan informasi yang Anda kumpulkan lengkap dan mendetail. Berselancarlah ke situs perusahaan tersebut, lalu baca dengan cermat company profile. Anda juga bisa mencari tahu siapa pewawancara yang akan Anda hadapi. Kalau bisa, Anda juga bisa mencari informasi terkait kultur kerja di dalam perusahaan dengan membaca testimoni dari orang-orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menambah pengetahuan Anda tentang tren industri terkait.
Datang tepat waktu
Pastikan Anda tiba di tempat wawancara kerja tepat pada waktu. Dengan demikian, perusahaan akan melihat Anda sebagai orang yang disiplin dan menghargai waktu. Sebisa mungkin jadilah orang yang pertama ditemui pewawancara. Sehingga pewawancara menghadapi Anda saat pikirannya masih jernih dan belum terlalu lelah.
Kalau perlu, Anda bisa tiba di tempat wawancara kerja setengah jam sebelum waktu wawancara. Sehingga Anda bisa mengatur nafas dan menenangkan diri sebelum masuk ruangan. Sebaliknya, kalau Anda datang ke tempat wawancara dengan terburu-buru bisa merusak kesempatan ini. Sebab, menghadapi pewawancara dalam kondisi nafas terengah-engah akan membuyarkan segala persiapan yang telah Anda lakukan.
Pilih pakaian yang tepat
Buatlah Pewawancara mendapat kesan terbaik sejak pertama kali melihat Anda. Salah satunya dengan menunjukkan cara berbusana saat wawancara kerja. Gaya berpakaian merupakan cerminan profesionalisme seseorang. Maka, pilihlah busana formal yang pas. Pastikan warna pakaian Anda serasi dari atasan hingga bawahan. Jangan lupa perhatikan kenyamanan pakaian agar Anda tidak tampak risih dengan baju yang dikenakan selama diwawancara.
Tenang dan percaya diri
Ketika Anda tidak punya gambaran tentang suasana wawancara kerja, maka timbul perasaan cemas di dalam hati. Anda menduga-duga begitu banyak hal termasuk kondisi terburuk yang mungkin terjadi pada sesi wawancara tersebut. Tinggalkan rasa grogi itu dan tetap tenang. Caranya dengan menarik nafas panjang dan berpikir positif. Anda harus yakin bahwa persiapan yang telah Anda lakukan sudah cukup untuk menjawab pertanyaan. Dengan demikian Anda akan memiliki rasa percaya diri menghadapi pewawancara.
Kepercayaan diri merupakan salah satu modal Anda dalam merespon pewawancara. Jawablah pertanyaan dengan jelas dan lugas. Jangan lupa gunakan tata bahasa yang baik dan formal.
Tunjukkan kemampuan yang lain
Meski belum punya pengalaman kerja, tapi Anda mungkin pernah mengikuti pelatihan selama masa perkuliahan. Misalnya, pelatihan untuk menggunakan aplikasi software tertentu. Tunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan lain yang relevan dan bisa menunjang pekerjaan di kantor kelak.
Jangan sia-siakan kesempatan bertanya
Pada akhir sesi wawancara kerja, biasanya pewawancara akan memberikan kesempatan untuk bertanya. Salah satu pertanyaan yang bisa diajukan adalah tentang deskripsi kerja yang akan dibebankan pada Anda nanti. Kesempatan ini sekaligus bisa membuat Anda terlihat sebagai orang yang kritis dan berani mengungkapkan pendapat.
Setelah wawancara selesai, Anda harus tetap meninggalkan kesan yang baik pada pewawancara. Jabat tangan pewawancara dan jangan lupa ucapkan salam ketika meninggalkan ruangan. Mudah-mudahan surat panggilan kerja akan segera datang ke rumah Anda. Semoga sukses!

No comments:
Write komentar

Popular Posts

Contact admin

Nama : Ichsan
E-mail : rofiqul.ichsan@yahoo.com
No Handphone : 083815868353
© 2014 Blogger-Mycomputer . Designed by blogger-mycomputer | Distributed By RI-COMP